2017-02-16

Nembak dan Memperkuat Jaringan Wifi di Rumah


Bagi yang suka ngoprek router tentunya kenal dengan OpenWrt. OpenWrt merupakan sebuah distribusi linux yang khusus dirancang untuk peralatan router, hampir semua merk router dipasaran sudah support dengan OpenWrt. OpenWrt memberikan kebebasan bagi para pecintanya untuk berimajinasi.

Kali ini kita akan fokus membahas bagaimana cara menangkap jaringan wifi dengan sebuah router  saja tanpa perlu menarik kabel utp jauh-jauh dan biaya lumayan tinggi, dengan modal sebuah router yang support OpenWrt kita sudah bisa menshare koneksi yang kita dapat untuk wifi dirumah, bisa juga untuk menangkap signal @wifi.id dengan satu voucher hotspot semua keluarga dirumah sudah bisa menikmati koneksi internet.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Pastikan komputer atau laptop konek ke router OpenWrt menggunakan kabel, jangan wifi.
2. Set ip address dikomputer DHCP karena secara default router OpenWrt DHCP Servernya aktif. boleh juga set ip static dikomputer tidak masalah. ip default OpenWrt adalah 192.168.1.1 jadi kita bisa set ip dikomputer 192.168.1.x nilai x bisa dari 2-254, netmask 255.255.255.0 dan gateway 192.168.1.1
3. Akses router OpenWrt dengan browser, bisa pakai Mozilla Firefox atau Chrome. ketikkan address 192.168.1.1
4.akan munculnya halaman login seperti berikut :

Router yang belum pernah di set usernamenya adalah "root" dan password dikosongkan

5. Jika sudah berhasil masuk pilih menu Network > Wifi dan pilih tombol scan akan muncul daftar wifi yang tertangkap oleh router.

6. Tekan tombol Join Network, akan muncul halaman sebagai berikut:

7. Masukkan password pada kolom WPA passphrase Ap/wifi yang ingin kita konekkan menggunakan password, jika tidak ada passwordnya dikosongkan saja. Tekan tombol Submit untuk melanjutkan dan tekan tombol Save & Apply untuk menyimpan konfigurasi. Jika berhasil akan muncul status signal seperti berikut:


8. Sampai di sini laptop/komputer kita yang terhubung via kabel utp seharusnya sudah bisa tersambung ke jaringan/internet. Agar kita bisa menikmati jaringan wifi di rumah jadi smartphone dan laptop di rumah bisa bersama-sama konek ke internet kita cukup menambahkan fungsi akses poin di router OpenWrt. Caranya kita pilih menu Network > Wifi  seperti sebelumnya. Perbedaannya pada mode wirelessnya. Kalau tadi modenya adalah client sekarang kita tambahkan mode Access Point. klik tombol Add (disebelah kanan scan), pada halaman Wifi. Akan muncul halaman berikut:

9. Pada menu Interface Configuration, isikan ESSID dengan signal wifi yang akan dipakai dirumah, mode pilih Access Point dan pada Network centang pilihan LAN. Untuk menambahkan password wifi bisa pilih tab Wireless Security dan pilih salah satu mode encryptionnya sebaiknya pilih mode WPA atau WPA2 agar lebih aman. masukkan password yang ingin dipakai minimal 8 karakter, contoh "rahasiaaja". klik Save & Apply untuk menyimpan konfigurasi.

10. Ok konfigurasi kita sudah selesai, selanjutnya kita test. kabel yang kita pakai untuk setting router OpenWrt bisa kita lepas, kita hidupkan wifi di komputer atau laptop, scan dan coba connect ke wifi yang baru kita buat.

Setelah connect kita test buka youtube.

Berhasil !!!

Sekian tutorial nembak dan memperkuat jaringan wifi dengan Open Wrt. Videonya bisa di liat di :

Sekian semoga blok ini membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar