2017-06-09

Cara Mereset Mikrotik Routerboard

Sering kali kita lupa dengan User ataupun Password untuk login ke Mikrotik Routerboard. Pada keaadaan ini jalan yang bisa di ambil adalah melakukan reset Mikrotik agar kembali ke settingan pabrikan. Terdapat dua opsi yang bisa diambil yaitu:

A. Melakukan Net Install, cara ini sama halnya kita menginstall ulang komputer dimana firmware dari mikrotik akan di install ulang dan konfigurasinya pun akan kembali seperti konfigurasi saat pertama kali di beli.
Cara melakukan Net Install akan di bahas di artikel berikutnya...

B. Melakukan Reset dengan tombol reset, cara ini cara yang paling mudah dan cepat untuk mereset mikrotik namun memerlukan sedikit trik. Lama menekan tumbol reset harus di perhatikan karena jika kita menakan terlalu lama mikrotik akan masuk ke mode Net Install. Dan ingat juga jangan terlalu kuat menekan kalau tidak ingin tobol resetnya copot serta gunakan ujung pulpen atau benda yang tidak terlalu runcing.

Langkah - langkah mereset:
  1. Matikan Mikrotik dengan mencabut kabel powernya, biarkan adaptornya tercolok ke listrik namun kabel power adaptornya jangan dihubungkan ke Mikrotik terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol reset dengan pulpen atau benda lain, cukup rasakan saja,  tekan sampe terasa "tek" saat menakan dengan pulpen.
  3. Sambil tetap menekan, masukkan kabel power ke mikrotik agar mikrotik menyala. Di saat ini kita harus memperhatikan dengan teliti lampu pada mikrotik. saat ada kedipan satu kali saatnya kita melepas tekanan ke tombol reset, waktu antara power on sampai lampu berkedip antara 7-10 detik tergantung dari jenis mikrotiknya.  
  4. Biarkan mikrotik selesai booting, dan coba hubungkan kabel UTP antara komputer dan mikrotik. coba login dengan user dan password defaul yaitu admin/admin. jika berhail masuk berarti reser sudah berhasil, namun jika masih belum bisa silahkan ulangi langkah 1-3

Berikut saya kasi videonya agar lebih mudah dipahami:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar